Pages

Minggu, 20 Maret 2011

Makan Apel Umur Lebih Panjang

Renny Wahyuningsih - detikFood
Anda suka makan apel? Buah yang memiliki rasa segar, asam, dan manis ini, memang sudah terbukti khasiatnya sejak ratusan tahun silam. Bukan hanya baik untuk diet tetapi juga punya sejumlah khasiat yang bisa bikin umur lebih panjang!
Apel sering dijuluki sebagai buah seksi karena bentuknya yang berlekuk indah. Warnanya yang merah, oranye, hijau dan kuning juga sangat menggoda mata. Belum lagi rasanya yang segar, berair, asam dan manis sangat enak di mulut.
Tapi tahukah anda, makan satu buah apel setiap hari dapat memperpanjang usia. Menurut  timesofindia,  sebuah penelitian dari colleagues dari Chinese University of Hong Kong mengatakan bahwa, makan buah dengan kandungan antioksidan yang berlimpah, memiliki kesempatan 10 % hidup lebih lama. 
Dalam 100 gram apel terdapat 58 kkal energi; 4 gram lemak; 3 gram protein; 14,9 karbohidrat; 900 IU vitamin A; 7 mg tiamin; 3 mg riboflavin; 2 mg niasin; 5 mg vitamin C; 0,04 mg vitamin B1; 0,04 mg vitamin B2; 6 mg kalsium; 3mg zat besi; 10 mg fosfor; dan 130 mg potasium (kalium).
Sedangkan sebuah studi  pada Journal of Agricultural and Food Chemistry menyebutkan,  para wanita yang selalu menambahkan buah apel sebagai salad buah untuk menunya akan mengalami penurunan terkena resiko terserang penyakit jantung sebesar 13 - 22 %.
Penelitian lain dengan uji coba lalat membuktikan bahwa antioksidan dalam apel bisa memperpanjang umur. Dalam setiap tahunnya para peneliti mengembangkan setiap penemuan serupa pada antioksidan dalam buah apel dengan melakukan tes pada hewan lainnya.
Ditemukan juga kandungan antioksidan atau polypenol yang terdapat pada buah apel tidak hanya dapat memperpanjang umur si lalat, tapi juga dapat membantu mempertahankan  kemampuan untuk berjalan, memanjat, dan bergerak.
Zhen-Yu Chen dari  Chinese University of Hong Kong, mengatakan bahwa, kerusakan zat dalam tubuh atau biasa disebut radikal bebas, dapat menyebabkan perubahan seperti penuaan dini dan beberapa penyakit lainnya. Hal tersebut bisa diperangi dengan adanya kandungan antioksidan yang tinggi dalam makanan.
Apel juga mengandung quercetin yang bisa memelihara kekuatan syaraf otak. Apel merah lebih banyak mengandung antioksidan dibandingkan jenis yang hijau dan kuning. Karena itu sangat dianjurkan untuk makan sebutir apel setiap hari!
(eka/Odi)
Sumber: http://cybermed.cbn.net.id/

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Tinggalkan komentar anda....

komentar anda menjadi inspirasi bagi penulis.... ^_^

Make Top Rank Blog