Pages

Rabu, 10 November 2010

Operasi Pengolahan Citra

Secara umum, operasi pengolahan citra dapat diklasifikasikan dalam beberapa jenis sebagai berikut:
1. Perbaikan kualitas citra(image enhacement)
Tujuan: memperbaiki kualitas citra dengan memanipulasi parameter-parameter citra. Perbaikan atau memodifikasi citra dilakukan untuk meningkatkan kualitas penampakan citra/menonjolkan beberapa aspek informasi yang terkandung dalam citra (image enhancement). Operasi perbaikan citra :
• Perbaikan kontras gelap/terang
• Perbaikan tepian objek (edge enhancement)
• Penajaman (sharpening)
• Pemberian warna semu(pseudocoloring)
• Penapisan derau (noise filtering)

2. Pemugaran citra(image restoration)
Adanya cacat pada citra sehingga perlu dihilangkan/diminimumkan. Tujuan: Untuk menghilangkan cacat pada citra. Perbedaannya dengan perbaikan citra adalah penyebab degradasi pada pemugaran citra diketahui. Operasi pemugaran citra :
• Penghilangan kesamaran (deblurring)
• Penghilangan derau (noise)

3. Pemampatan citra (image compression)
Tujuan: Citra direpresentasikan dalam bentuk lebih kompak, sehingga keperluan memori lebih sedikit namun dengan tetap mempertahankan kualitas gambar misal suatu file citra berbentuk BMP berukuran 258 KB dimampatkan dengan metode JPEG menjadi berukuran 49 KB.

4. Segmentasi citra (image segmentation)
Tujuan: Memecah suatu citra ke dalam beberapa segmen dengan suatu kriteria tertentu. Elemen dalam citra perlu dikelompokkan, dicocokan atau diukur. Operasi ini berkaitan erat dengan pengenalan pola.

5. Pengorakan citra (image analysis)
Tujuan: Menghitung besaran kuantitatif dari citra untuk menghasilkan deskripsinya. Diperlukannya ekstraksi ciri-ciri tertentu yang dimiliki citra untuk membantu dalam pengidentifikasian objek Proses segementasi kadangkala diperlukan untuk melokalisasi objek yang diinginkan dari sekelilingnya. Operasi pengorakan citra :
• Pendeteksian tepi objek (edge detection)
• Ekstraksi batas (boundary)
• Represenasi daerah (region)

6. Rekonstruksi citra (Image recontruction)
Tujuan: Membentuk ulang objek dari beberapa citra hasil proyeksi. Sebagian citra perlu digabung dengan bagian citra yang lain (image reconstruction). Contoh : beberapa foto rontgen digunakan untuk membentuk ulang gambar organ tubuh.

7. Steganografi &Watermarking
Tujuan: Menyembunyikan data rahasia (berupa teks/citra) pada citra sehingga keberadaan data rahasia tersebut tidak diketahui orang.

Sumber: dirangkum dari berbagai sumber
.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Tinggalkan komentar anda....

komentar anda menjadi inspirasi bagi penulis.... ^_^

Make Top Rank Blog